Bila kini Anda berada dalam situasi memerangi diabetes atau sedang mengalami tanda-tanda diabetes awal, tentu Anda perlu berolahraga secara teratur. Sudah jelas bahwa aktivitas fisik merupakan cara terbaik untuk menjaga kadar gula darah dalam batas normal.Namun kini, penelitian mengungkapkan berita yang lebih baik, Anda dapat melakukan olahraga yang berhubungan dengan kadar gula darah. Sehingga, membuat waktu dan tenaga yang dikeluarkan jauh lebih efektif.

1. Tak perlu lama-lama

Untuk mengendalikan gula darah, olahraga dalam waktu yang lama belum tentu lebih baik ketimbang olahraga singkat, begitulah isi penelitian terbaru dari Kanada University of Western Ontario. Untuk melihat efek jangka panjang, peneliti meminta orang-orang dengan diabetes tipe 2 untuk melakukan olahraga ringan selama 30 menit (65% dari target detak jantung).

Di kelompok lainnya, peserta diminta melakukan olahraga selama 10 menit saja dengan intensitas tinggi (85% dari target denyut jantung), seperti berlari sangat cepat. Masing-masing dilakukan selama 5 hari seminggu selama 3 bulan.

Hasilnya: olahraga 10 menit memiliki dampak yang lebih besar pada kesehatan penderita diabetes. Mereka mengalami peningkatan hemoglobin (penanda gula darah) dua kali lipat ketimbang kelompok lain. Mereka juga mengalami dua kali lipat penurunan LDL atau kolesterol jahat seiring penurunan berat badan 3 kali lebih banyak.

2. Angkat beban

Otot yang kuat bisa membantu tubuh dalam mengatur gula darah lebih baik lagi. Itulah mengapa para pengidap diabetes tipe 2 disarankan untuk memasukkan latihan angkat beban dalam rutinitas olahraga.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengombinasikan aerobik dengan latihan beban berhasil memotong gula darah 34 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang melakukan latihan aerobik saja (24 persen).

Bila Anda rutin melakukan sesi kardio selama 5 hari dalam seminggu ditambah latihan beban sebanyak 2 kali, Anda akan menyukai hasil dari tingkat gula darah, di samping berat badan yang makin ideal.

Advertisements