Anda dan si dia sudah bersama sejak lama. Tetapi entah mengapa, sepertinya hubungan tersebut berjalan stagnan dan datar. Karena itu ketika melihat hubungan sahabat Anda, Anda penasaran mengapa mereka terlihat begitu bahagia dan menyenangkan? Apa sebenarnya yang bisa mengubah kehidupan berpasangan Anda menjadi lebih menyenangkan dan erat?
1. Mengerti kebutuhan pasangan
Alasan utama perceraian atau runtuhnya rumah tangga bukan konflik, masalah komunikasi, ataupun keterbatasan fisik, melainkan frustrasi. Kekecewaan sehari-hari, karena ternyata sikap pasangan tidak seperti yang Anda harapkan, adalah kemungkinan paling besar perusak suatu hubungan. Untuk menyebarkan frustrasi, bagilah ekspektasi Anda dengan si dia. Bisa saja, Anda mendamba pasangan yang lebih bisa menjadi tempat bersandar, atau pasangan yang lebih memanjakan dan lebih santai, namun si dia tidak bersikap demikian. Jika memang begitu halnya, cobalah untuk mengkomunikasikan hal tersebut kepada pasangan. Pastikan untuk berdialog dengan pasangan Anda setiap setahun sekali, karena tekanan demi tekanan yang datang silih berganti, ditambah perubahan dalam hidup bisa menciptakan ekspektasi baru. Dengan demikian Anda dan pasangan dapat saling introspeksi diri dan saling menanyakan kebutuhan.
2. Wujudkan rasa cinta
Para pria yang mendapatkan afirmasi dari pasangannya, merasa lebih bahagia dalam hubungannya. Dalam arti, ketika pasangannya menunjukkan sikap yang menghargai, menghormati, dan mencintai (tidak sekadar di mulut), maka si pria akan merasa bahagia. Wanita sering mendapatkan pujian dari teman-teman atau orang asing yang mengatakan, “Baju kamu bagus sekali!” Sementara pria jarang mendapatkan pujian semacam itu. Karenanya pria mengandalkan pasangannya untuk mendapatkan pujian. Semakin sering Anda memujinya, makin sering pula ia akan memuji Anda juga.
3. Sisihkan waktu
Kencan mingguan memang merupakan hal yang direkomendasikan untuk tetap menjalin hubungan yang intim dengan pasangan. Padahal, sesekali yang Anda butuhkan hanyalah beberapa menit saja bersama si dia. Sisihkan waktu khusus untuk si dia dalam sehari hanya untuk bicara. Tak perlu membicarakan hal-hal yang terlalu prinsip, sekadar berbagi pikiran saja sudah cukup. Dengan begini, Anda dan si dia mampu saling mengintip isi pikiran masing-masing dan menguatkan ikatan kebahagiaan masing-masing.
4. Fokus ke hal-hal yang baik
Cara terbaik untuk membuat hubungan Anda membaik bukan dengan mengusahakan untuk memperbaiki apa yang salah. Sedangkan cara paling efektif untuk mendorong kesenangan dan gairah adalah dengan menambahkan elemen positif terhadap kehidupan pernikahan Anda. Energi positif tersebut membuat kita merasa senang dan memotivasi kita untuk tetap berjalan ke arah tersebut. Cobalah untuk menimbang interaksi Anda dalam sebuah timbangan. Jika Anda ingin merasa lebih bahagia dalam hubungan, sisi positif Anda harus lebih berat dari yang sisi negatif. Semakin dalam Anda menghargai rasa cinta, semakin cepat Anda mengubah hubungan Anda menjadi sesuatu yang sangat hebat.