FOTO HUJAN ES MINA GAMBAR BUTIRAN ES - Angin bertiup kencang, sesaat kemudian gerimis disertai hujan mengguyur Mina, Makkah. Sekitar lima menit butiran es sebesar kerikil turun mengawali hujan. Petir beberapa kali bersahut-sahutan.

Hujan es di Mina turun sekitar pukul 15.30 waktu Arab Saudi, Kamis (18/11/2010). Sebelum hujan, angin kencang bergemuruh dan menerbangkan plastik-plastik ke udara. Angin kencang ini membuat satu plang kantor di Muasyim Mina, rusak. Namun tidak ada korban akibat peristiwa itu.

Di depan kantor Misi Haji Indonesia di Mina hujan es Arab Saudi membuat sejumlah jamaah yang akan melontar jumroh sore ini bergegas mencari tempat berteduh. Sementara sebagian jamaah lainnya justru santai dan tampak menikmati hujan. Mereka tetap berjalan menuju jamarat dengan berhujan-hujanan.

“Hujan ini adalah berkah. Sekalian kami mandi setelah tiga hari tidak mandi,” seloroh salah seorang jamaah. Di Mina, untuk mandi memang harus antre karena fasilitas untuk kamar mandi hanya sedikit.

Sementara jamaah kloter 76 embarkasi Solo (SOC) tidak mengetahui adanya hujan es Arab Saudi Mina. Mereka hanya merasakan hujan turun sangat deras. Mereka memilih tinggal di tenda menunggu hujan reda sebelum melontar jumroh.

“Hujan turun sangat deras, nggak tahu kalau ada hujan es,” kata Munadharoh, jamaah asal Semarang yang tinggal di Maktab 12 Mina.

Di Jamarat atau tempat pelontaran jumroh, mengantisipasi adanya korsleting, eskalator dan lift dimatikan sementara. “Eskalator mati,” kata staf Humas Kementerian Agama Totok Sugiarto, yang baru saja melontar jumroh di Jamarat.

Hingga pukul 17.00 waktu Arab Saudi, gerimis masih turun. Genangan air mulai bermunculan di sekitar jalan di kawasan Muasyim.