Anda pasti kenal tokoh superhero Spiderman, yaitu manusia laba-laba yang mampu nempel di dinding dan mengeluarkan jaring laba-labanya untuk menangkap musuhnya. Ketika masih kecil mungkin anda berangan-angan memiliki kemampuan seperti spiderman untuk membantu orang-orang di sekitar anda dari kejahatan. atau juga biar anda didekati oleh banyak cewek-cewek cantik. Ternyata angan-angan itu kini mungkin untuk anda wujudkan.

Prototype nya disebut dengan the Switchable Electronically-controlled Capillary Adhesion Device (SECAD). Sebuah teknologi terbaru yang memungkinkan anda jalan di dinding seperti Spiderman. Atau alat yang dapat membuat anda lengket di dinding yang bisa dihdupkan dan dimatikan dengan cepat sesuai keinginan anda kini telah ditemukan.

Alat ajaib ini terinspirasi oleh kumbang yang bisa hinggap di daun dengan menahan 100x berat badannya, menggunakan permukaan tekanan air untuk membuatnya nempel, bahkan berjalan di atas daun tersebut. Atas dasar itu lah yang menginspirasikan para peneliti ingin membuatnya dalam bentuk kaos kaki atau sepatu yang bisa lengket di dinding.

Alat ini berisi lempengan datar dengan lubang-lubang yang kecil dan halus, masing-masing lebarnya hanya berukuran beberapa ratus micron atau seperjuta meter. Bagian bawah permukaan lempengan menahan air yang dipenuhi oleh lapisan pori-pori. Battery elektrik dengan tegangan 9 volt digunakan untuk mendorong air melewati lubang pori-pori menuju layer atas.

Tekanan permukaan pada tetesan air membuat alat ini mencengkeram permukaan lainnya dan membuat dua lempengan menempel. Jika aliran elektrik battery dimatikan maka lempengan akan terlepas, tidak menempel lagi. Ahli kimia dan insinyur biomolekul pada cornell university yaitu mr.Paul Steen menyatakan bahwa sepanjang ujicoba yang dilakukan sebelumnya kekuatan untuk menempel ini masih lemah. Tapi dengan memperbanyak atau memperbesar sampel tersebut dan kemampuan kontrolnya, maka bisa didapat kemampuan melekat yang jauh lebih besar.

Perlu kerja keras lebih untuk menciptakan versi alat yang mampu menahan berat badan manusia untuk menempel di dinding sperti film spidermen. Salah satu prototype yang diuji cobakan adalah membuat 1000 lubang ternyata bisa menahan 30 gram. Tapi ujicoba menunjukkan bahwa dengan lubang yang lebih kecil satu inchi juga bisa menahan 15 pounds.

Kemungkian lain yang akan digunakan untuk memperbesar daya lengket adalah membrane yang tipis, yang membuat tekanan luar dari alat.

Detail alat bisa anda lihat secara online pada prosiding the National Academy of Sciences. Lagi-lagi penelitian ini dikembangkan oleh the Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dan the National Science Foundation.

Hampir semua teknologi canggih barat dikembangkan untuk kepentingan militer amerika melalui DARPA. Wow bayangkan jika alat ini dijual untuk kepentingan umum. Anda akan banyak melihat spiderman-spiderman bermunculan nempel di dinding-dinding rumah anda jadi berhati-hatilah. Mudah-mudahan alat ini ditujukan untuk menciptakan kedamaian dan unutk menyelamatkan manusia seperti di film-film spiderman yang pernah anda lihat.

Advertisements