Pada bulan Maret tahun 2000, pemerintah Amerika, Jerman, Rusia, dan Australia dikejutkan dengan seberkas sinar yang memancar dari Indonesia hingga menembus ke luar angkasa dan tertangkap oleh satelit mereka.

Sinar tersebut diduga sebagai sinar laser yang ditembakkan dari Indonesia. Hal ini tentu sangat mengejutkan mereka. Senjata macam apa yang tengah dikembangkan Indonesia sehingga sinar yang ditembakkan bisa sehebat itu?

Merasa terancam, khawatir kalau sinar itu benar-benar berasal dari senjata laser, mereka mengirim utusan ke Indonesia untuk menyelidiki hal tersebut.

Setelah sampai di Indonesia, mereka segera menuju lokasi sumber sinar tersebut yang ternyata terletak tepat di makam Habib Hasan bin Muhammad al-Haddad yang lebih dikenal sebagai Mbah Priok.

Para ilmuwan ini menuturkan kepada ahli waris bahwa mereka melihat dari satelit terdapat sinar yang memancar dari Indonesia. Mereka menduga sinar tersebut merupakan senjata laser.

“Kemudian orang-orang asing itu mendatangi lokasi untuk mencari sinar laser yang menurut mereka itu adalah senjata laser. Ketika dilihat ternyata berasal dari makam kramat ini,” tutur penjaga makam Mbah Priok kepada okezone.

Makam Mbah Priok merupakan makam wali yang seharusnya dihormati. Ahli waris mempercayai, makam Mbah Priok merupakan paku bumi yang dijaga keberadaannya oleh malaikat dan Allah SWT.

Disebutnya, pihak-pihak yang bernafsu menggusur makam Mbah Priok, merupakan orang-orang yang tidak mengerti kesucian wali. “Minimal kalau mereka tidak mengerti wali, harus menghormati makam ini adalah makam sejarah, yang pertama kali menamai Tanjung Priok,” tuturnya.

Bekas penjajah bumi nusantara pun, Belanda, menghormati keberadaan makam yang berada di pinggir laut itu. Bahkan Belanda sempat berpesan, jika makam keramat ini tidak boleh diganggu, dibongkar, atau pun dipindahkan.