Bagi Anda yang masih ingin menggunakan Windows XP, Anda bisa menginstal Ubuntu dalam Hard Disk yang sama tanpa menghapus Windows XP. Caranya:

1. Masuk ke dalam Windows XP.

2. Masukkan CD Live Ubuntu.

3. Jika autorun tidak berjalan, jalankan wubi.exe yang ada di CD Live Ubuntu.

4. Pilih untuk menginstal ubuntu di windows. (Sebenarnya ini bukan menginstal Ubuntu di Windows. Karena kenyataannya, nanti akan ada dua operating system pada Hard Disk Anda yang bisa Anda pilih ketika boot. Ketika menjalankan Windows Anda tidak bisa menjalankan Ubuntu, begitu pula sebaliknya. Karena Windows dan Ubuntu itu dua operating system yang berbeda metode dan programnya. Seperti halnya ketika bermadzhab, Anda tidak dapat mencampur-adukkan dua madzhab atau lebih dalam satu waktu bersamaan.)

5. Pilih di mana Anda akan menginstal Ubuntu. Jika Anda hanya punya satu partisi, maka pilihan ini akan dilewatkan.

6. Tentukan berapa besar kapasitas partisi yang akan dibuat untuk diinstalkan Ubuntu. Partisi akan mengambil dari sisa ruang yang tidak terpakai di Hard Disk tersebut. Ini tidak akan menghapus file yang sudah ada.

7. Setelah seting penginstalan siap, jalankan instalasi. Installer akan merestart computer. Biarkan CD Ubuntu tetap di CD-ROM Drive.

8. Setelah masuk ke layar startup, pilih jalankan boot dari harddisk. Ketika ada pilihan antara Windows dan Ubuntu, pilih Ubuntu.

9. Setelah itu ikuti langkah selanjutnya dalam penginstalan hingga selesai.

10. Setelah selesai, computer akan direstart dan Anda akan diminta installer untuk mengeluarkan CD Live dari CD-ROM. Keluarkan CD Live Ubuntu ketika diminta. Tutup CD-ROM, tekan enter. Computer akan direstart.

11. Setelah masuk menu boot, pilihlah Ubuntu. Biasanya langsung masuk ke Ubuntu. Jika ternyata ada pilihan lagi, pilihlah yang paling atas. Ubuntu telah bisa dipakai.

Selamat mencoba!