Demikian hasil penelitian para psychologists dari University of Rochester. Warna merah membuat pria lebih romantis pada perempuan, meskipun si pria ternyata tidak sadar akan hal yang mereka rasakan.

Warna merah terkait dengan cinta dan gairah, tapi ini adalah bukti scientific pertama yang ditemukan pada sikap berpasangan. Penemuan ini dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology.

Elliott dan Daniela Niesta, kedua peneliti yang melakukan studi dengan mencatat respon pria pada foto perempuan dengan warna bervariasi. Mereka diminta memberi komentar tentang foto perempuan dengan frame warna merah, hijau, putih dan biru, dan abu-abu. Hasilnya mereka mengatakan bahwa perempuan terlihat lebih cantik dengan frame berwarna merah.

Dalam penelitian lainnya, para pria dihadapkan dengan foto perempuan yang mengenakan pakaian warna merah dan biru. Serta berapa banyak uang yang akan mereka habiskan jika berkencan dengan perempuan berbaju merah atau biru.

Hasilnya menunjukkan bahwa para pria lebih tertarik dengan perempuan berpakaian warna merah, dan akan menghabiskan banyak uang dengan perempuan berpakaian merah, karena mereka mengatakan perempuan dengan warna merah terlihat lebih cantik.

Namun di luar itu semua, kondisi sosial juga mempengaruhi pendapat pria yang mengatakan bahwa rasa cinta kasih mereka lebih muncul pada perempuan berpakaian warna merah.