Tak banyak yang menyadari bahwa percakapan melalui telepon genggam sangat rentan penyadapan. Industri telepon seluler memang sudah menawarkan berbagai cara mengindari penyadapan. Namun, sejauh ini, metode yang diperkenalkan relatif mahal dan sulit diandalkan.

Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan Universitas Surrey, Inggris, menemukan metode yang dapat diterapkan pada berbagai sistem telepon genggam, bahkan juga pada telepon jalur tetap. Sistem ini tidak menggunakan saluran data, tetapi mengacak percakapan pada setiap tutur kata yang masuk ke saluran suara. Kalaupun pembicaraan tersadap, yang terdengar adalah suara seperti rentetan bunyi yang tidak bermakna. Penemuan ini sedang diperkenalkan kepada berbagai perusahaan telepon genggam.

Hingga sekarang, industri telepon genggam menggunakan sistem data yang terbatas pada teknologi sistem global komunikasi bergerak (GSM). Namun, sistem pengacak ini akan memberikan konektivitas tanpa dibatasi jelajah atau roaming serta tanpa masalah jika data link tidak tersedia. Pengguna hanya perlu menambahkan modul pada telepon genggam atau menginstalasi peranti lunak lengkap dengan sakelar untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pengacak suara.

Advertisements