Sebuah alat keamanan pribadi diciptakan di Afrika Selatan, baru-baru ini, yang mampu melacak keberadaan seseorang melalui jaringan satelit. Alat yang diberi nama Buddi on Call ini menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) dan General Packet Radio Services (GPRS) yang dihubungkan ke pelanggan di negara itu.

Buddi on Call dilengkapi tiga tombol. Tombol pertama digunakan untuk mengirim pesan singkat ke lima nomor yang telah diprogram sebelumnya. Tombol kedua untuk menghubungi tiga nomor telepon. Ketiga nomor telepon ini dihubungi bergantian secara otomatis. Sedangkan tombol ketiga atau tombol panik digunakan untuk mengirim sinyal ke pusat kontrol yang akan melacak keberadaan pengguna.

Alat itu sangat dibutuhkan di Afsel mengingat kasus pembajakan dan penculikan di sana, marak belakangan ini. Buddi on Call dijual dengan harga US$ 160 per unit atau sekitar Rp 1,3 juta. Harga ini belum termasuk biaya langganan seluler sebesar US$ 32 per bulan….,gimana asik kan kalau kita punya alat ini,kita bisa tau dimana lokasi orang yang kita cinta berada…,ehmmmm…dah ada belum ya di indonesia..???